KPU Provinsi Kalimantan Utara IMG_9396 AWALI AWAL TAHUN 2018, KPU PROVINSI KALIMANTAN UTARA RAKER DAPIL DENGAN KPU KAB/KOTA Uncategorized

25 Jan 2018

AWALI AWAL TAHUN 2018, KPU PROVINSI KALIMANTAN UTARA RAKER DAPIL DENGAN KPU KAB/KOTA

KPU Provinsi Kalimantan Utara IMG_9396-300x200 AWALI AWAL TAHUN 2018, KPU PROVINSI KALIMANTAN UTARA RAKER DAPIL DENGAN KPU KAB/KOTA Uncategorized

Dalam rangka memapankan proses Penyusunan Daerah Pemilihan dan alokasi kursi pemilu Tahun 2019 maka pada tanggal 23 Januari 2018 di Hotel Pangeran Khar Tanjung Selor, KPU Provinsi Kalimantan Utara melaksanakan Rapat Kerja Penyusunan Penataan daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilu 2019. Rapat Kerja Tersebut Dihadiri oleh KPU Kab/Kota yang terdiri dari Komisioner Bidang Teknis, Kasubbag Teknis serta Operator Sidapil. Begitu pula dengan KPU Provinsi Kalimantan Utara selain sebagai fasilitator, juga menyertakan seluruh komisioner dan  Bidang dan Sub Bidang yang ada.

Pada Kegiatan Raker tersebut  Sekretaris KPU Provinsi Kalimantan Utara Bapak Teguh Sulistiyo,ST menyampaikan kata sambutan Panitia Pelaksana yang pada dasarnya beliau menyampaikan Tujuan Pelaksanaan, sasaran kegiatan, peserta kegiatan, serta manfaat kegiatan yang dilaksanakan.

Kemudian Acara selanjutnya adalah pembukaan yang dilaksanakan  langsung oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Utara Bapak Suryanata Al Islami,S.HI. Pada kesempatan itu beliau mengharapkan semua peserta raker  tetap bersemangat,

“Beberapa waktu yang lalu kita cukup disibukkan dengan kegiatan verifikasi parpol, yang cukup menyita banyak waktu kita, menyita energi kita sehingga cukup penting bagi kita untuk menjaga stamina dan dinamika internal itu bisa berjalan dengan normal” ujar beliau.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa selama ini pembaharuan-pembaharuan yang dilakukan oleh KPU RI, Baik Berupa Slogan KPU Melayani, Ayo Coklit dan lain sebagainya membuat KPU di daerah selalu bersemangat dan dan termotivasi dalam melaksanakan pekerjaannya walaupun kita ketahui bahwa KPU selaku Pelaksana Pemilu tidak luput dari serangan-serangan pihak-pihak yang tidak senang dengan keberhasilan   yang telah kita laksanakan.

Berkaitan dengan kegiatan Raker itu sendiri, beliau mengatakan “hari ini kita akan mendiskusikan kembali atau memfinalisasi terkait penyusunan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi. kenapa saya katakan ini finalisasi karena sebelumnya kita telah bertemu berkali-kali. yang terakhir kemarin kita telah memberikan kesempatan utk mempresentasikan berapa pun konsep penyusunan dapil yang teman-teman rencanakan utk dipresentasikan.”

Sebelum membuka dengan resmi Rapat kerja tersebut beliau mengharapkan agar KPU Kab/Kota  dalam proses penataan dapil dan penyusunan alokasi kursi di daerah masing-masing  tetap berlandaskan kepada Undang-Undang dan Aturan Yang berlaku.

“Kita mencoba untuk mengenyampingkan anggapan-anggapan bahwa kita penyelenggara ini bisa di pesan terkait kursi dan sebagainya.jadi kita mohon bantuan KPU Kab/Kota beserta jajaran mari kita terus kawal proses demokrasi kita yang semakin membaik ini “ ujarnya.

Setelah Ketua KPU Provinsi Kalimantan Utara Bapak Suryanata Al Islami membuka secara resmi acara tersebut, maka acara langsung ke materi pertama yang disampaikan Oleh Komisioner Divisi  Teknis KPU Provinsi Kalimantan Utara, Bapak Winarno, M.Pd.

Sebagaimana peryataan ketua KPU Provinsi Kaltara sebelumnya, Bapak Winarno, M.Pd., juga mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang kesekian kalinya dilaksanakan oleh KPU Provinsi Kaltara: “Kalau saya hitung-hitung sudah kesekian kalinya. Kita telah mengadakan kegiatan mengenai penyusunan dapil, mulai tahun2017 hingga saat ini”.

Beliau merefresh kembali materi tentang penjelasan teknis Penyusunan Penataan  DAPIL dan Alokasi Kursi anggota DPRD Kab/Kota pemilu 2019, dimana materi tersebut lebih banyak mambahas mengenai prinsip-prinsip penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi; tatacara penghitungan alokasi kursi; penataan DAPIL dan alokasi kursi di daerah bencana dan juga membahas mengenai contoh format berita acara DAPIL dan alokasi kursi. Pada kesempatan tersebut beliau lebih menegaskan  agar materi yang disampaikan tersebut dapat memahami oleh seluruh peserta rapat yang hadir yang terdiri dari para komisioner divisi teknis, kasubbag dan operator dari KPU Kab/kota yang hadir sehaingga tidak salah dalam menentukan penataan DAPIL pada pemilu 2019.

Di samping itu, Komisioner Divisi SDM dan Hupmas Chairullizza juga menambahkan bahwa kegiatan Raker Penyusunan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kab/Kota Pemilu 2019 harus secara jelas memberikan informasi kepada stakeholders jika ada perubahan, agar masyarakat dan stakeholders mengetahui Dapil dan alokasi kursi yang ada di daerah mereka.

Anggota KPU Kota Tarakan menjadi peserta pertama yang menjelaskan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD di kota Tarakan dan perubahannya pada pemilu 2019, dilanjutkan oleh Anggota KPU Kabupaten Tana Tidung, Anggota KPU Kab. Bulungan, Anggota KPU Kabupaten Malinau dan Anggota KPU Kabupaten Nunukan.

Anggota KPU Kabupaten Tana Tidung menjelaskan letak geografis dan keadaan dapil beserta jumlah penduduk yang termasuk pemilih aktif di daerah Kabupaten Tana Tidung. Sedangkan untuk Anggota KPU Kab. Bulungan menjelaskan Dapil dan Alokasi kursi DPRD Kab/Kota di Kab. Bulungan, untuk kabupaten malinau anngota KPU Kabupaten Malinau juga menjelaskan tentang Dapil dan alokasi kursi DPRD di Malinau beserta memberikan draft awal uji publik alokasi kursi pada pemilu 2019. Begitu juga dengan anggota KPU Kabupaten Nunukan juga menyampaikan menyampaikan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kab. Nunukan pemilu 2019.

Setelah semua anggota KPU Kab/Kota memaparkan usulan penyusunan penataan dapil dan alokasi kursi pada setiap Kab/Kota se-kaltara, acara dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya-jawab terkait penataan penyusunan dapil dan alokasi kursi beserta permasalahan nya.

Di akhir kegiatan raker penyusunan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kab/Kota Pemmilu 2019, bapak Chairullizza selaku komisioner divisi SDM dan Hupmas menutup acara Rapat Kerja dalam rangka penyusunan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi pemilu 2019 secara resmi. (callu)

 

 

KPU Provinsi Kalimantan Utara IMG_9424-300x200 AWALI AWAL TAHUN 2018, KPU PROVINSI KALIMANTAN UTARA RAKER DAPIL DENGAN KPU KAB/KOTA Uncategorized    KPU Provinsi Kalimantan Utara IMG_9426-300x200 AWALI AWAL TAHUN 2018, KPU PROVINSI KALIMANTAN UTARA RAKER DAPIL DENGAN KPU KAB/KOTA Uncategorized    KPU Provinsi Kalimantan Utara IMG_9432-300x200 AWALI AWAL TAHUN 2018, KPU PROVINSI KALIMANTAN UTARA RAKER DAPIL DENGAN KPU KAB/KOTA Uncategorized

KPU Provinsi Kalimantan Utara IMG_9440-300x200 AWALI AWAL TAHUN 2018, KPU PROVINSI KALIMANTAN UTARA RAKER DAPIL DENGAN KPU KAB/KOTA Uncategorized    KPU Provinsi Kalimantan Utara IMG_9445-300x200 AWALI AWAL TAHUN 2018, KPU PROVINSI KALIMANTAN UTARA RAKER DAPIL DENGAN KPU KAB/KOTA Uncategorized

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X