06 Okt 2020

Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Hibah Pemilihan Serentak Tingkat Penyelenggara AdHoc (PPK) Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malinau Tahun 2020

KPU Provinsi Kalimantan Utara kjbk Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Hibah Pemilihan Serentak Tingkat Penyelenggara AdHoc (PPK) Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malinau Tahun 2020 Uncategorized
KPU Provinsi Kalimantan Utara sdzfg Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Hibah Pemilihan Serentak Tingkat Penyelenggara AdHoc (PPK) Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malinau Tahun 2020 Uncategorized

Hujan deras yang turun sejak malam tadi kini menyisakan rintik-rintik yang tampaknya  enggan beranjak pergi dari kota Malinau pagi hari ini, Senin 28 September 2020.
Tim Keuangan KPU Kaltara mulai bergegas menyiapkan diri guna menuju ruang pertemuan Hotel MC Malinau dalam rangka mengisi materi Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Hibah Pemilihan Serentak Tingkat Penyelenggara AdHoc (PPK) Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malinau sesuai tugas yang diberikan langsung oleh Sekretaris KPU Kaltara atas Permohonan Narasumber dari Sekretaris KPU Kabupaten Malinau.

Satu persatu peserta yang merupakan sekretariat PPK dari 7 kecamatan di Kabupaten Malinau mulai berdatangan dipayungi oleh hujan rintik yang belum berhenti sejak pagi tadi. Tak lama kemudian Sekretaris KPU Malinau juga tiba ditempat acara kemudian disusul oleh Ketua KPU Malinau yang akan membuka acara Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Hibah Pemilihan Serentak Tingkat Penyelenggara AdHoc (PPK) Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malinau.

Tepat pukul 09.00 wita, acara yang dipandu oleh mc dimulai dengan hikmad dan tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan pandemi Covid 19 agar acara ini tidak menjadi cluster perkantoran terbaru dibumi Intimung.
Dalam sambutannya, Ketua KPU Malinau yang menegaskan kepada para bendahara di sekretariat PPK agar senantiasa menaati kaidah kaidah perbendaharaan dalam mengelola keuangan badan Adhoc pemilihan serentak  tahun 2020 di lingkungan KPU Kabupaten Malinau.Beliau juga berpesan agar tidak mudah tergoda sehimgga melakukan penyelewengan terhadap keuangan badan adhoc karena sanksi yang menanti amatlah berat.Pada akhir sambutanx beliau memperkenalkan narasumber dari KPU Kaltara yang akan menyampaikan materi pada kesempatan kedua setelah narasumber yaitu Bapak Inspektur Daerah Kavupaten Malinau  yang akan terlebih dahulu memberikan materi terkait pengawasan APIP daerah dalam pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2020 di Kabupaten Malinau.Sedikit petuah dari beliau yang terngiang ditelinga saya, “Do what you write and write what you do” dalam artian segala hal yang akan kita lakukan seharusnya masuk dalam catatan kita dan apa yang kita catat haruslah kita lakukan. Karena dalam mengelola keuangan, pencatatan merupakan faktor utama dalam mempersiapkan laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan. Pada pukul 10.30 pak Inspektur pun menyudahi materinya karena akan bergeser menemui Sekretaris Daerah beserta BPK yang menanti di Kantor Pemda Kabupaten Malinau.
Setelah menikmati snack dan meyeruput secangkir kopi jahe yang disiapkan oleh panitia, tim Keuangan KPU Kaltara menyampaikan materi terkait Perbendaharaan serta Pengelolaan Keuangan Badan AdHoc.
Materi pertama yang disampaikan oleh Ka.Subbag Keuangan KPU Kaltara meliputi kaidah serta aturan2 perbendaharaan badan adhoc guna mengetahui lebih dalam terkait alur alur pengelolaan keuangan pada pelaksanaan Pemilihan Serentak. Penegasan disampaikan kepada sekretariat PPK dalam hal ini bendahara PPK agar dalam  mengelola keuangan pemilihan serentak benar benar dijalankan sesuai peraturan keuangan negara, sehingga pada saat Tahapan Pemilihan Serentak 2020 terlaksana, seluruh laporan keuangan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.
Materi kedua yang disampaikan terkait tentang Perpajakan Dalam Pengelolaan Keuangan Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Merangsek pukul 11.20 , mic bergulir ke tangan Bendahara KPU Kaltara yang memaparkan materi tata cara pengisian Buku Kas Umum , Buku pajak danBuku Kas lainnya. Dengan piawai beliau menyampaikan materi yang telah dikuasai selama bertahun-tahun, sehingga antusiasme peserta semakin bersemangat dalam arti penuh perhatian menyimak materi yang disampaikan.
Dalam penyampaian materi , pertanyaan demi pertanyaan silih berganti diutarakan oleh peserta bimtek dimana beberapa peserta masih belum menguasai tata cara penginputan akun2 didalam pengisian BKU tersebut, sehingga kemudian dibuatkan grup wa untuk membantu peserta bimtek apabila menemukan permasalahan setelah bimtek selesai dilaksanakan dalam arti bendahara KPU Kaltara dapat memonitor permasalahan2 yang timbul di pengelola keuangan Badan AdHoc KPU Kabupaten Malinau sepanjang pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020 untuk kemudian disampaikan solusi kepada peserta dengan dibantu oleh fasilitasi bagian keuangan KPU Kabupaten Malinau.

Tepat pada pukul 12.50 wita materi selesai disampaikan oleh bendahara KPU Kaltara dengan beberapa permasalahan yang belum terselesaikan sehingga tindaklanjut solusi atas permasalahan tersebut akan disampaikan dikemudian hari.
Sebelum ditutup , Ka.Subbag Keuangan KPU Kalimantan Utara mengingatkan kembali kepada bendahara adhoc se-kabupaten Malinau agar melaksanakan tugasx sebagai juru potong pajak sesuai  Undang-Undang terkait honorarium penyelenggara badan adhoc KPU Kabupaten Malinau dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Acara ditutup tepat pukul 13.15 wita oleh Bapak Sekretaris KPU Kabupaten Malinau diiringi tepuk tangan dari peserta seraya mengucapkan salam perpisahan walau tanpa berjabat tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

147 views
X