18 Jul 2020

Gerakan Coklit Serentak KPU Provinsi Kalimantan Utara

KPU Provinsi Kalimantan Utara DSC_0132-1024x683 Gerakan Coklit Serentak KPU Provinsi Kalimantan Utara Berita kpukaltara

Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020 sudah memasuki tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Data Pemilih yaitu Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih (coklit). Tahapan ini dilaksanakan dari tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. 

Coklit merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) guna memperbaharui data pemilih yang dilaksanakan secara door to door, sehingga didapat data Pemilih yang akurat. Sebelumnya, KPU telah merilis Gerakan Klik Serentak (GKS) di mana masyarakat atau pemilih dapat mengecek datanya dengan mengakses secara daring di https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/.

Sabtu (18/07/2020) bertempat di halaman gedung KPU Kabupaten Bulungan dilaksanakan apel Gerakan Coklit Serentak Pemilihan 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota KPU RI Divisi SDM Organisasi, dan Litbang, Ilham Saputra, S.IP., KPU Provinsi Kalimantan Utara, Ketua KPU Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Utara, Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Utara, KPU Kabupaten Bulungan, Polres Bulungan dan PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) Kabupaten Bulungan.

Dalam arahannya saat menghadiri acara ini, Ilham Saputra menyampaikan rasa terima kasih kepada PPDP yang sudah bergabung dengan keluarga besar KPU Republik Indonesia dan meminta PPDP agar dapat bekerja sesuai dengan kewenangannya.

“PPDP adalah orang-orang terbaik, profesional, dan berintegritas oleh karena itu saudara sekalian dipilih untuk menjalankan tahapan ini. Ini pertama kalinya kita melaksanakan tahapan pemilihan di tengah pandemi (covid-19), oleh karena itu saya harap PPDP dapat bekerja sesuai dengan protokol kesehatan; selalu gunakan masker dan sarung tangan bahkan KPU telah menyiapkan face shield yang dapat digunakan oleh petugas”. Jelas Ilham.

Setelah apel Gerakan Coklit Serentak, Komisioner KPU RI dan rombongan melakukan monitoring coklit yang dilaksanakan di rumah Ketua Lembaga Adat Tidung Provinsi Kalimantan Utara dan Ketua Adat Dayak Kalimantan Utara. Dalam kegiatan ini, Ilham Saputra menempelkan stiker coklit (model AA.2-KWK) di rumah tokoh masyarakat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

63 views
X