KPU Provinsi Kalimantan Utara tribun Komisioner KPU Resmikan Rumah Pintar Pemilu di Tanjung Selor Berita  rumah pintar rumah pemilu pemrov kaltara

09 Mei 2017

Komisioner KPU Resmikan Rumah Pintar Pemilu di Tanjung Selor

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara menasbihkan diri menjadi salah satu KPU daerah di Indonesia yang sudah memiliki Rumah Pintar Pemilu.
Rumah Pintar Pemilu yang diberi nama Baloy Pintar Pemilu KPU Kalimantan Utara diresmikan Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting Manik, Selasa (9/5/2017) pukul 14.30 Wita di Gedung KPU Kalimantan Utara, Jalan Sengkawit, Tanjung Selor, Bulungan.

Selain KPU Kalimantan Utara, terdapat 9 provinsi dan 18 kabupaten/kota yang sudah memiliki rumah pintar pemilu sejak tahun 2015.
Program Rumah Pintar Pemilu masih akan berlanjut hingga mencakup 34 provinsi 288 kabupaten/kota di Indonesia.
“Berdirinya Rumah Pintar Pemilu sudah dimulai sejak KPU RI periode 2002 yang lalu yaitu pada saat menjelang pemilu 2004 di mana pertama kalinya didirikan perpustakaan dan museum demokrasi di KPU RI,” tutur mantan Anggota KPU Medan periode 2004-2009, Ketua KPU Kota Medan periode 2009-2013 dan Anggota KPU Sumut periode 2013-2018 itu.

Keberadaan Rumah Pintar Pemilu kata wanita kelahiran Medan 11 November 1966 itu untuk memberi informasi sekaligus pendidikan pemilih secara luas.
Tujuan utamanya bukan hanya menghadirkan pemilih ke Tempat Pemungutan Suara namun bagaimana mencerdaskan pemilih dalam menggunakan hak pilihnya.

“Kami ajak masyarakat memanfaatkan fasilitas yang dimiliki KPU Kalimantan Utara.
Utamanya kepada pemilih pemula kami harap bisa hadir ke Rumah Pintar Pemilu untuk melihat bagaimana sejarah Pemilu, demokrasi, dan sistem pemilu,” ujarnya.
Senada, Suryanata Al Islami Ketua KPU Kalimantan Utara menuturkan Baloy Rumah Pemilu membawa manfaat edukasi kepada masyarakat yang ada gilirannya diharapkan mampu meningkatkan angka partisipasi pemilih dalam pemilu.

“Baloy Pintar Pemilu ini menjadi salah satu ikhtiar kami untuk meningkatkan partisipasi pemilih.
Kami juga sudah mengundang teman-teman komunitas pemilu, partai politik, dan masyarakat untuk melihatnya,” sebutnya.
Sanusi Asisten I Setprov Kalimantan Utara menuturkan peran Baloy Pintar Pemilih sangat baik untuk mengedukasi kalangan pra pemilih, pemilih pemula, kaum disabilitas, dan masyarakat luas.
“Karena di sini punya banyak buku-buku yang berkaitan dengan pemilu, termasuk riset-riset pilkada. Kami Pemprov Kalimantan Utara sangat mengapresiasinya,” tutur Sanusi. (*)

Sumber : Tribun Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

132 views
X