29 Mar 2018

KPU Goes to Campus : Upaya tingkatkan partisipasi Pemilih

KPU Provinsi Kalimantan Utara DSC_0149-1024x683 KPU Goes to Campus : Upaya tingkatkan partisipasi Pemilih Uncategorized
Tanjung Selor, kaltara.kpu.go.id – KPU goes to campus di Kalimantan Utara digelar secara terpisah di 2 perguruan tinggi swasta yang ada di Tanjung Selor, selama 2 hari (28-29/03/2018). Di hari pertama, KPU Provinsi Kalimantan Utara menyambagi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bulungan Tarakan (Bultar), yang beralamat di jalan Mangga Dua. Di STIE Bultar, Anggota KPU Kaltara divisi SDM dan partisipasi masyarakat, Chairullizza memberikan pemahaman tentang pentingnya partisipasi dalam pemilu.
KPU Provinsi Kalimantan Utara DSC_0048-1024x683 KPU Goes to Campus : Upaya tingkatkan partisipasi Pemilih Uncategorized    “Dengan kegiatan Goes To Campus, mahasiswa sebagai kaum muda yang memiliki intelektual dan idealisme, diharapkan berperan aktif dalam pemilu 2019 nanti. Tidak sekadar menggunakan hak pilih di TPS, tapi juga diharapkan dapat menjadi agen sosialiasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat untuk berpartisipasi menggunakan hak pilih di pemilu 2019. Dengan demikian, diharapkan partisipasi pemilih di Kaltara tinggi dan rasional, ” tutur Rulli, panggilan Chairullizza yang pada kesempatan tersebut didampingi Plt. Sekretaris KPU Kaltara, Teguh Sulistiyo dan Sekretaris STIE Bultar, Maxi Sondack.
Sementara di hari kedua, KPU Kaltara mendatangi Universitas Kaltara (UNIKAL). Bertempat di aula UNIKAL, Anggota KPU Kaltara divisi teknis, Winarno didaulat menjadi salah satu narasumber. Winarno mengatakan, kegiatan KPU goes to campus merupakan upaya KPU Provinsi Kalimantan Utara untuk meningkatkan tingkat partisipasi pemilih pada pemilu 2019 nanti.
“tingkat partisipasi Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara tahun 2015 yang hanya mencapai 62%. Maka bagaimana angka tadi harus kita naikan pada pemilu 2019,” kata Winarno kepada mahasiswa.

KPU Provinsi Kalimantan Utara DSC_0153-1024x683 KPU Goes to Campus : Upaya tingkatkan partisipasi Pemilih Uncategorized

Selain Winarno, rektor UNIKAL, Abdul Jabarsyah Ibrahim diberi kesempatan memberikan materi tentang revolusi industri 4.0 di dunia pendidikan dan keterlibatan mahasiswa sebagai pemilih yang memiliki rasional dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.
Agen Sosialisasi
Ketua KPU Provinsi Kalimantan Utara, Suryanata Al Islami dalam sambutannya mengharapkan kepada mahasiswa yang memiliki idealisme agar memberikan kontribusi yang tinggi terlebih dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang.
“mahasiswa itu adalah agen sosialisasi, maka sudah seharusnya memberikan kontribusinya kepada masyarakat sekitarnya minimal mensosialisasikan tentang pemilu besok, bahwa kita akan mencoblos 5 surat suara yang berbeda,” ujar Surya yang juga membuka acara KPU goes to Campus di UNIKAL.
Acara yang dikemas dalam bentuk diskusi tersebut dan diselingi quiz, mendapat respon yang baik dari mahasiswa UNIKAL. Ini terbukti dengan antusias mahasiswa memberikan pertanyaan kepada pemateri. (His/Red. Foto Cak/Wis/Ozi)

KPU Provinsi Kalimantan Utara DSC_0105-1024x683 KPU Goes to Campus : Upaya tingkatkan partisipasi Pemilih Uncategorized    KPU Provinsi Kalimantan Utara DSC_0207-1024x683 KPU Goes to Campus : Upaya tingkatkan partisipasi Pemilih Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X