25 Jun 2020

Penyerahan Dokumen Syarat Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Hasil Verifikasi Administrasi Kepada Tim Penghubung dan KPU Kabupaten/kota Se-Kalimantan Utara

KPU Provinsi Kalimantan Utara b-1024x683 Penyerahan Dokumen Syarat Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Hasil Verifikasi Administrasi Kepada Tim Penghubung dan KPU Kabupaten/kota Se-Kalimantan Utara Pengumuman

KPU Kalimantan Utara telah melaksanakan penyerahan dokumen hasil verifikasi administrasi untuk kemudian ditindaklanjuti oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan Verifikasi Faktual. Dokumen yang diserahkan merupakan berita acara hasil verifikasi administrasi syarat dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Pemilihan 2020. Hadir dalam kegiatan ini antara lain : Tim Penghubung (Laision Officer) Paslon Perseorangan, KPU Kabupaten/kota Se-Kalimantan Utara, dan Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Utara.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (22/06/2020) di hotel Grand Pangeran Khar ini; dibuka oleh Ketua KPU Kalimantan Utara, Suryanata Al Islami. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan beberapa hal terkait  kelanjutan tahapan Pemilihan 2020 di tengah pandemi Covid-19. Kelanjutan tahapan Pemilihan 2020 dimulai dengan terbitnya PKPU Nomor 5 tahun 2020 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

“Segala tahapan dalam kegiatan Pemilihan 2020 harus memenuhi protokol kesehatan. Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan tahapan harus dapat beradaptasi dengan regulasi dalam keadaan pandemi Covid-19”. jelas Bapak Suryanata lebih lanjut.

Pada kesempatan yang sama; Anggota KPU Kalimantan Utara Divisi Teknis Penyelenggaraan, Teguh Dwi Subagyo menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan verifikasi faktual. Berkaitan dengan pelaksanaan verifikasi faktual KPU Kabupaten/kota diminta untuk melakukan koordinasi lebih awal kepada Tim Penghubung di masing-masing daerah. Proses verifikasi faktual dilaksanakan dari rumah ke rumah dengan menerapkan protokol kesehatan; jika orang atau pendukung tidak ada di tempat maka PPS dapat meminta Tim Penghubung untuk mendatangkan pendukung tiga hari kemudian dengan pertemuan ditempat yang ditentukan. Kemudian dalam proses verifikasi faktual Tim Penghubung tidak perlu mendampingi PPS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

118 views
X