KPU Provinsi Kalimantan Utara WhatsApp-Image-2019-05-08-at-09.26.28 Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Berjalan Lancar Uncategorized

11 Mei 2019

Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Berjalan Lancar

Tanjung Selor, kaltara.kpu.go.id – KPU Provinsi Kalimantan Utara telah melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 tingkat Provinsi, Rabu (08/05/2019) bertempat di Grand Pangeran Khar Hotel, dihadiri oleh saksi Peserta Pemilu tingkat provinsi, masing-masing Tim Kampanye dan Pemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Pengurus dan/atau tim kampanye Partai Politik tingkat Kalimantan Utara serta saksi dan/atau tim penghubung dari peserta perseorangan pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Kalimantan Utara, dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Provinsi Kalimantan Utara maupun BAWASLU Kabupaten/Kota se-Kalimantan Utara.

Pada kesempatan itu, lima KPU Kabupaten/Kota se-Kalimantan Utara membacakan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan tingkat kabupaten/kota untuk 4 jenis pemilihan, secara berturut-turut dimulai dari pembacaan DB.1 Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), DB.1 DPR RI, DB.1 DPD RI dan DB.1 DPRD Provinsi Kalimantan Utara yang terbagi dalam 4 daerah pemilihan.

Hasil pembacaan dari DB.1 oleh KPU Kabupaten/Kota untuk 4 jenis pemilihan tersebut, direkap dan dituangkan dalam formulir sertifikat rekapitulasi tingkat provinsi atau Formulir Model DC.1. Pembacaan sertifikat DB.1 dilakukan secara bergantian oleh komisioner KPU Kabupaten/Kota dihadapan para saksi dan undangan maupun Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pada sesi ini, rapat dipimpin oleh komisioner KPU Provinsi Kalimantan Utara divisi Teknis Penyelenggaraan, Teguh Dwi Subagyo.

Para Saksi peserta pemilu tahun 2019 tingkat provinsi, secara aklamasi menerima hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dari tingkat kabupaten/kota. Sehingga praktisnya, rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat provinsi yang dipimpin Ketua KPU Provinsi Kalimantan Utara, Suryanata Al-Islami berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

Selanjutnya, setelah ditetapkan oleh pimpinan rapat, sertifikat DC.1 ditandatangani oleh semua saksi peserta pemilu yang berkesempatan hadir pada acara tersebut. Meski mendapat masukan dari Bawaslu Kabupaten Nunukan yang menyorot soal angka pemilih pengguna DPT dan DPK di Formulir Model DB.1 yang dinilai tidak sama antar jenis pemilihan, pimpinan rapat pleno melakukan skorsing untuk dilakukan pencermatan dan perbaikan terhadap angka pemilih DPT da DPK di DB.1 tanpa mengganggu angka perolehan suara peserta pemilu.

Selain saksi peserta pemilu tingkat provinsi, turut hadir pula para undangan diantaranya Gubernur Kalimantan Utara yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Kalimantan Utara, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Utara, Perwakilan dari Komandan Resor Militer 0901/ASN, dan utusan Kepala Badan Intelejen Negara Daerah Kalimantan Utara.

Sementara itu, berdasarkan Pasal 65 ayat (3) Peraturan KPU Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum, bahwa KPU Provinsi setelah merekapitulasi dan menetapkan perolehan suara, diperintahkan untuk mengumumkan hasil rekapitulasi di tempat yang mudah diakses, termasuk melalui laman yang dimiliki oleh KPU Provinsi. Maka, Sertifikat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dapat dibaca bahkan diunduh melalui media ini.

Berikut Formulir Model DC (berita acara) dan DC.1 untuk masing-masing pemilihan:

(his)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

40 views
X