05 Apr 2018

Sosialisasikan Penyerahan Dukungan Calon DPD RI

 

KPU Provinsi Kalimantan Utara DSC_0041 Sosialisasikan Penyerahan Dukungan Calon DPD RI Uncategorized

Tanjung Selor, kaltara.kpu.go.id – Penyerahan syarat dukungan bagi bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22 – 26 April 2018 di seluruh provinsi. Untuk itu, KPU Kalimantan Utara menggelar sosialisasi mekanisme penyerahan dokumen melalui penggunaan sistem informasi perseorangan peserta pemilu berbasis web kepada kurang lebih 35 bakal calon anggota DPD beserta operator, bertempat di Grand Pangeran Khar (Rabu, 04/04/2018).

 

KPU Provinsi Kalimantan Utara DSC_0086 Sosialisasikan Penyerahan Dukungan Calon DPD RI Uncategorized    Ketua KPU Kalimantan Utara, Suryanata Al Islami mengatakan bahwa tata cara penyerahan dukungan calon anggota DPD untuk Pemilu 2019 berbeda dari pemilu sebelumnya. “Kalau dulu, penyerahan berkas (anggota DPD) itu secara manual, diperiksa satu-satu. KPU tidak bisa mendeteksi kegandaan dukungan antar calon,” ujar Surya. Maka, ditambahkan Surya, untuk memudahkan dalam mengecek kegandaan baik internal maupun external sesama bakal calon peserta Pemilu 2019, KPU RI berinovasi membuat aplikasi berbasis sistem informasi atau web. “Aplikasi ini mirip-mirip SIPOL, yang dipakai untuk verifikasi partai poliitik kemaren. Jadi, bapak ibu sekalian harus teliti memasukan data pendukungnya ke aplikasi sippp,” kata Surya yang menyampaikan arah kebijakan KPU RI terkait verifikasi pendukung dan elemen informasi fitur yang ada dalam aplikasi SIPPP.

 

Syarat minimal dukungan, dijelaskan Surya, untuk calon DPD Kalimantan Utara sebanyak 1.000 pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan terakhir dan Data Penduduk Potensial Pemilih pada Pemilihan Umum (DP4). “Selain itu, harus tersebar di 50% kabupaten kota se Kaltara. Jadi, minimal 3 kabupaten kota,” tambah pria yang pernah menjadi ketua KPU Bulungan.

KPU Provinsi Kalimantan Utara DSC_0093 Sosialisasikan Penyerahan Dukungan Calon DPD RI Uncategorized

Selain Surya, Anggota KPU Kaltara, Rustam Akif juga turut memberikan materi tentang rancangan Peraturan KPU yang mengatur ketentuan dukungan bagi DPD. Rustam menyajikan tentang mekanisme verifikasi faktual, pengambilan sampel dan pencuplikan di kabupaten/kota. “Agar teman-teman KPU Kabupaten Kota mudah melakukan verifikasi, diminta agar (bakal) calon menunjuk dan menyerahkan nama petugas peguhubung di tiap kabupaten kota yang ada dukungannya,” tambah Rustam.

 

Dalam sesi tanya jawab yang dibuka, peserta banyak menanyakan tentang masa berlakunya dan keabsahan KTP elektronik yang sebelumnya masih diterbitkan menggunakan kop Kalimantan Timur. Menjawab hal itu, Anggota KPU Kaltara divisi SDM dan partisipasi masyarakat, Chairullizza mengutip edaran Menteri Dalam Negeri yang menekankan bahwa KTP elektronik berlaku seumur hidup. Sementara Komisioner KPU Kaltara divisi teknis, Winarno menjawab pertanyaan dari salah satu peserta tentang pengambilan sampel 10% dari jumlah dukungan yang diserahkan.

Pada sesi ujicoba aplikasi, Admin SIPPP Kaltara, Wulan Tri Pangestu menjelaskan secara rinci fungsi dan penggunaan fitur yang ada dalam sistem tersebut. Disampaikan Wulan,  untuk mendapatkan user dan password yang sesungguhnya pada aplikasi sippp.kpu.go.id, diharapkan agar bakal calon DPD menyerahkan surat mandat (bermaterai) tentang penunjukan operator yang dilengkapi dengan email aktif.

 

“Bagi bapak ibu yang masih membutuhkan bantuan, kami menyiapkan tim helpdesk SIPPP yang siap menjawab kendala yang dihadapi. Bisa menghubungi rekan-rekan helpdesk kami baik melalui jalur telepon ataupun email kantor,” ditambahkan Rulli, panggilan Chairullizza. (Red/his – Foto/cak; mifta)

KPU Provinsi Kalimantan Utara DSC_0127 Sosialisasikan Penyerahan Dukungan Calon DPD RI Uncategorized

Sebagai informasi, kantor KPU Provinsi Kalimantan Utara berlamatkan Jalan Sengkawit Nomor 125, jalur telepon yang tersedia 0552-2020021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X